Tips Dan Trick Memiliki Rumah Tangga Bahagia

Gadingpos.com – Bagi setiap pasangan suami istri di dunia ini, keinginan memiliki keluarga yang bahagia pada dasarnya merupakan impian setiap pasangan. Kebahagiaan di sini bisa di artikan seperti dalam keluarga yang selalu menikmati setiap momen, baik suka maupun duka, secara bersama-sama. Saling toleransi, saling melindungi, saling bantu, saling menyayangi, dan selalu ingin membahagiakan adalah tujuan utama dari keluarga bahagia.

Selain itu bagi setiap pasangan suami dan istri juga pastinya menginginkan pernikahan yang berjalan langgeng. Namun untuk semua hal tersebut tentunya tidak dengan mudah saja bisa tercapai terlebihlagi jika umur pernikahan pasangan tersebut sudah tidak muda lagi. Sebab, akan ada semakin banyak tantangan yang menyertainya.

Mewujudkan rumah tangga yang bahagia itu tidak hanya sekedar cinta saja, namun banyak aspek yang akhirnya menjadi penyertanya seperti materil, fisik, psikologis, seksual, sosial, interpersonal, moral dan lainnya. Sebuah rumah tangga akan berkembang menjadi sebuah keluarga yang lengkap dan bahagia. Sayangnya tidak semua orang beruntung mewujudkan hal tersebut. Untuk mewujudkan memiliki keluarga yang utuh dan juga rumah tangga yang bahagia, ada yang harus anda lakukan untuk bisa menjaga keutuhan rumah tangga dan hidup bahagia, bagaimana caranya ? Berikut ada tips dan triknya untuk mewujudkan rumah tangga yang bahagia :

Tips dan Trik Mewujudkan Rumah Tangga Sehat dan Bahagia

  1. Komunikasi Yang Baik

Komunikasi yang baik menjadi kunci utama untuk mewujudkan keluarga sehat dan bahagia. Sebab dengan membangun komunikasi yang baik pasangan suami istri harus membangun kebiasaan mengobrol dengan pasangannya. Tidak perlu terlalu lama, namun konsisten.

  1. Rutinitas bersama

Melakukan rutinitas bersama dan menghabiskan banyak waktu dengan pasangan atau melakukan banyak kegiatan bersama – sama merupakan salah satu trik untuk mewujudkan rumah tangga yang sehat dan bahagia.

  1. Seimbangkan kehidupan pekerjaan dengan keluarga

Hal ini adalah salah satu poin yang sering dilupakan oleh pasangan yang sama – sama menghabiskan waktu untuk bekerja di luar. Sering kali pasangan suami istri kesulitan menyeimbangkan waktu yang dihabiskan untuk keluarga dan pekerjaan. Banyak yang terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga melupakan keluarga di rumah. Menyeimbangkan kehidupan kerja dengan keluarga saat libur kerja melupakan pekerjaan anda untuk sejenak. Matikan smartphone yang bisa mengalihkan perhatian anda dapat menjadi penyeimbang kebahagiaan rumah tangga anda.

  1. Buat keputusan bersama

kebiasaan lain yang harus ditumbuhkan adalah membuat keputusan bersama, terutama keputusan yang melibatkan pasangan. Sebab hal ini akan membuat seluruh pasangan merasa keberadaannya dibutuhkan.

  1. Ketenangan Hati dan Fikiran

Saat anda mengalami permasalahan maka anda bisa mengingat kembali tujuan pernikahan yang pernah diucapkan anda dan pasangan. Dalam Islam di sebutkan bahwa pernikahan yang mendapatkan sakinah (ketenangan), mawaddah (rasa cinta) dan rahmah (kasih sayang) di dalamnya. Jika tujuan lainnya ditambahkan maka anda tinggal mengingat kembali dan menyatakannya pada pasangan juga. Rasanya tidak mungkin ketenangan, cinta dan kasih sayang secara bersamaan dalam hidup apabila anda tidak berusaha dan menyepelekannya.

  1. Ucapan Sopan dan Santun

Hidup menjadi pasangan suami istri harus bisa menerima kekurangan dan kelebihan pasangan anda dengan sepenuh hati. Namun, bagi setiap manusia tentunya akan melewati hidup yang naik turun. Ketika seseorang dirundung kesulitan, Peran keluarga sangat di butuhkan untuk saling menyemangati dan juga mendukung. Gunakan kata positif untuk bisa membangun hubungan dengan baik dan membuktikan bahwa anda mendukung pasangan anda.

  1. Beribadah Bersama Setiap Waktu yang Renggang 

Psikologi Agama mengatakan bahwa pasangan yang beribadah bersama akan lebih mengerti satu sama lain. Biasanya suami dan istri yang menanamkan kebiasaan untuk beribadah bersama tentu memiliki tujuan dan juga cita-cita yang tidak hanya menenangkan iman dan perasaan mereka namun juga hubungan rumah tangga agar tetap kompak. Terutama mereka yang sama-sama saling mengingatkan dalam beribadah kepada Tuhan.

  1. Saling Mengalah Demi Kebaikan

Saling mengalah merupakan salah satu tips ampuh dalam kebahagian rumah tangga. Ketika seseorang ingin berumah tangga maka mereka bukan anak-anak yang tidak berpikir panjang. Dimana anda harus bisa menanamkan serta menerapkan sikap saling mengalah diantara pasangan. Sikap dan pikiran egoisnya (rasa ingin menang dan benar) haruslah dihilangkan demi bisa hidup bersama yang harmonis dan bahagia.

  1. Saling Menjaga Hak dan Kewajiban

Kehidupan rumah tangga bisa dibilang sebagai sebuah struktur organisasi terserderhana dan terdekat dengan kita. Dimana,  ayah merupakan seorang pemimpin, ibu sebagai manajer dan anak-anak adalah anggota dan supervisor untuk diri masing-masing. Peran Ayah Dalam Keluarga yang mengutamakan agar keluarga tetap ada di jalur yang benar menurut agama dan norma. Peran Ibu dalam Keluarga yang mengatur dibalik kepemimpinan ayah dan sebagainya. Sehingga rumah tangga akan harmonis jika sesuai dengan porsinya.

  1. Hubungan Intim 

Hubungan intim menjadi satu permasalahan utama bagi setiap pasangan suami istri. Hubungan intim merupakan salah satu kunci bagaimana rumah tangga bahagia. Teori Cinta dalam Psikologi Sosial bahkan menjelaskan bahwa rasa cinta dilengkapi dengan hubungan intim dalam rumah tangga tentu lebih lengkap. Karena hal tersebut sudah naluri manusia.