Tips Atasi Android Lemot Berdasarkan Merk HP nya

Gadingpos.com – Kinerja Handphone yang lambat, lagging atau yang sering di sebut lemot oleh kalangan masyarakat sangat mengganggu dan menghambat aktivitas sehari-hari seperti bekerja, berbisnis bakhan dalam hal belajar. Seringkali lemotnya hp android juga membuat frustasi pemiliknya. Namun anda tidak perlu panik sebab ada beberapa cara mengatasi HP yang lemot berdasarkan merk HP nya.

Pada momen ini akan kita ulas penyebab HP lemot dan cara mengatasinya berdasarkan merk HP nya seperti merek Oppo, Samsung, Xiaomi dan Vivo. HP android yang lemot atau lambat kinerjanya bukan tanpa alasan. Berikut penjelasan penyebab HP android lemot yaitu :

  1. Ruang Penyimpanan Terbatas

Terbatasnya ruang penyimpanan pada hp android anda merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan HP anda menjadi lemot. Sebab, kapasitas penyimpanan yang terbatas dan ruang penyimpanan internal yang telah terisi penuh dengan file-file seperti foto, video, aplikasi dan berbagai data lainnya akan membuat kinerja HP anda akan terpengaruh secara negatif.

  1. RAM Terbatas

Kapasitas Ram yang kecil dan terbatas juga menjadi salah satu faktor peyebab lemot nya HP android anda. Sebab, RAM yang terbatas atau kapasitas RAM yang kecil ketika pengguna HP membuka banyak program atau aplikasi secara bersamaan, RAM yang terbatas akan mengalami kelebihan beban, sehingga mempengaruhi kinerja dan responsivitas HP tersebut.

  1. Virus atau Malware

Adanya serangan Virus atau malware di HP android anda merupakan ancaman serius bagi perangkat elektronik, termasuk untuk HP. Infeksi yang di sebabkan dari virus atau malware dapat mengakibatkan HP berjalan dengan lambat dan tidak responsif. Virus atau malware dapat masuk ke perangkat melalui unduhan file atau program dari sumber yang tidak terpercaya atau melalui akses yang tidak aman dari pihak ketiga.

Berikut adalah tips atau cara mengatasi HP yang lemot berdasarkan beberapa merk HP nya.

Cara Mengatasi HP Oppo yang Lemot

  1. Reset Ponsel

Jika ponsel Oppo anda terasa lambat dan berat saat menggunakan aplikasi, salah satu cara mengatasi HP lemot ini yaitu dengan melakukan reset ponsel. Dengan mereset ponsel Oppo, semua data akan dihapus dan perangkat akan kembali ke kondisi awal saat pembelian. Namun, sebelum melakukan reset, pastikan untuk memindahkan data penting ke perangkat lain.

  1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Segala jenis ponsel yang terlalu banyak memiliki aplikasi yang tidak terpakai dapat menyebabkan keterbatasan memori penyimpanan dan mempengaruhi kinerja ponsel Oppo. Sehingga cara HP tidak lemot bisa dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan lagi. Dengan mengurangi jumlah aplikasi yang terinstal, ponsel Oppo akan menjadi lebih responsif dan tidak lemot.

  1. Bersihkan Cache

Cache adalah data sementara yang disimpan dalam memori ponsel untuk mempercepat waktu respon aplikasi. Namun, jika cache menumpuk terlalu banyak, hal ini dapat menyebabkan ponsel menjadi lemot. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat secara rutin menghapus cache saat menggunakan ponsel Oppo. Misalnya, membersihkan cache foto, musik, pesan, video, dan aplikasi yang tidak lagi digunakan. Dengan membersihkan cache secara teratur, ponsel Oppo akan tetap berjalan dengan lancar dan tidak lemot.

Cara Mengatasi HP Samsung yang Lemot

  1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Para pengguna posel sering kali cenderung mengunduh berbagai aplikasi gratis yang terlihat menarik, meskipun sebenarnya jarang digunakan. Hal ini dapat menghabiskan ruang penyimpanan dan mempengaruhi kinerja HP. Maka sebaiknya menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan. Dengan mengurangi jumlah aplikasi yang terinstal, salah satu cara mengatasi HP lemot ini akan buat kinerja HP Samsung akan menjadi lebih ringan karena kapasitas RAM akan meningkat.

  1. Bersihkan Cache

Sama seperti merk HP yang lain atau pada umumnya setiap kali menggunakan aplikasi, cache akan terbentuk dan menumpuk dalam ponsel. Cache yang menumpuk dapat menjadi sampah yang memperlambat kinerja ponsel. Sehingga harus secara rutin bersihkan cache. Caranya, masuk ke menu Pengaturan, pilih Penyimpanan, lalu hapus cache.

  1. Kembali ke Pengaturan Ulang Pabrik (Factory Reset)

Jika dari semua upaya di atas tidak berhasil mengatasi HP Samsung yang lemot dan panas, maka langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah melakukan pengaturan ulang pabrik (factory reset). Namun, sebelum melakukannya, pastikan untuk melakukan pencadangan (backup) semua data penting yang tersimpan di dalam ponsel. Factory reset akan menghapus semua data yang ada di ponsel dan mengembalikan ke pengaturan awal. Metode ini dianggap sebagai solusi yang efektif untuk meningkatkan kinerja ponsel yang lemot.

Cara Mengatasi HP Xiaomi yang Lemot

  1. Tutup Aplikasi yang Berjalan

Seringkali para pengguna ponsel tidak melakukan pengecekan di Latar Belakang Saat menggunakan aplikasi, penting untuk mempertimbangkan apakah ponsel Xiaomi Anda mampu menjalankannya dengan lancar atau tidak. Aplikasi yang berjalan di latar belakang juga memerlukan kapasitas RAM untuk beroperasi. Semakin banyak aplikasi yang terbuka, semakin banyak pula RAM yang di gunakan. Sehingga dapat mengurangi penggunaan multitasking adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah ini.

  1. Hapus File yang Tidak Diperlukan

Aplikasi chat seperti WhatsApp, kemungkinan besar akan menerima berbagai jenis file seperti gambar, stiker, video, audio dan dokumen. Semakin banyak kiriman yang diterima, memori internal ponsel Xiaomi akan cepat penuh. Hal ini dapat menyebabkan kinerja ponsel menjadi lemot. Oleh karena itu, penting untuk mengosongkan memori internal dengan menghapus file-file yang tidak dibutuhkan.

  1. Bersihkan File Sampah

Sistem Android dan aplikasi yang terinstal seringkali menghasilkan file sementara yang disimpan di memori internal ponsel. File-file sementara seperti basis data, cache, dan cookies sebenarnya membantu dalam mempercepat kinerja aplikasi dan membuka halaman web dengan lebih cepat. Namun, jika file-file sementara menumpuk terlalu banyak, memori internal akan penuh dan membuat ponsel Xiaomi menjadi lemot dan lag. Terkadang, penumpukan file sementara juga dapat menyebabkan aplikasi mengalami kesalahan dan terpaksa ditutup secara paksa. Cara mengatasi HP lemot satu ini, sebaiknya secara berkala membersihkan file-file sementara tersebut.

Cara Mengatasi HP Vivo yang Lemot

  1. Bersihkan File Sementara

Membersihkan file cache dan file sementara pada ponsel Vivo Anda bertujuan untuk menjaga kinerja ponsel Vivo tetap optimal dan stabil. Anda dapat membersihkan cache secara manual atau menggunakan aplikasi pembersih yang tersedia. Tidak perlu melakukan pembersihan cache setiap hari, namun lakukan secara berkala, misalnya setiap dua minggu atau sebulan sekali.

  1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Menghapus aplikasi atau game yang tidak lagi Anda gunakan sangat penting untuk membebaskan ruang penyimpanan pada ponsel Vivo Anda. Tidak perlu menyimpan aplikasi atau game yang jarang atau tidak pernah digunakan, terutama jika ukurannya cukup besar. Sebaiknya sisakan setidaknya 20% ruang penyimpanan dari total kapasitas memori yang tersedia.

  1. Perbarui Sistem dan Aplikasi

Lakukan pembaruan sistem dan aplikasi yang terinstal pada ponsel Vivo Anda. Pembaruan sistem dan aplikasi umumnya membawa perbaikan bug, peningkatan performa, fitur baru, perbaikan keamanan dan peningkatan pengalaman pengguna.  Pada ponsel Vivo, terdapat dua jenis pembaruan sistem, yaitu Funtouch OS (sistem operasi bawaan Vivo) dan upgrade OS (misalnya dari Android 10 ke Android 11). Jika ada pembaruan yang tersedia, sebaiknya lakukan pembaruan untuk meningkatkan kinerja dan stabilitas ponsel Vivo Anda.