Jika Anda memiliki Mac modern apa pun, ada tiga cara dasar untuk mengambil tangkapan layar dengan pintasan keyboard — dan jika Anda memiliki MacBook Pro dengan Touch Bar, bahkan ada metode keempat. Perangkat lunak MacOS Apple juga memberi Anda cukup banyak opsi untuk menyimpan, menghapus, dan membuka tangkapan layar untuk markup dengan mudah.

Kiat-kiat ini juga berlaku untuk Mac terbaru, karena Apple baru-baru ini memperbarui MacBook Pro 13 inci dengan chip M2 baru, sementara MacBook Air serupa, dengan desain ulang fisik yang jauh lebih dalam, akan segera hadir.

Metode 1: Cmd-Shift-3

Pintasan keyboard ini menangkap tangkapan layar dari seluruh layar Anda.

Metode 2: Cmd-Shift-4

Gunakan kombo keyboard ini untuk mengubah kursor menjadi crosshair, yang dapat Anda seret untuk memilih bagian layar yang akan diambil. Lepaskan tombol mouse atau trackpad untuk mengambil bidikan.

Anda memiliki sejumlah opsi lain setelah menekan Cmd-Shift-4:

Tekan dan lepaskan bilah spasi: Garis bidik berubah menjadi ikon kamera kecil, yang dapat Anda pindahkan ke jendela mana pun yang terbuka. Klik pada jendela yang Anda inginkan untuk mengambil tangkapan layarnya. Tangkapan layar yang diambil dengan metode ini menampilkan batas putih di sekitar jendela dengan sedikit bayangan jatuh.

Tekan dan tahan bilah spasi (setelah menyeret untuk menyorot suatu area tetapi sebelum melepaskan tombol mouse atau trackpad): Ini mengunci bentuk dan ukuran area pemilihan tetapi memungkinkan Anda memposisikannya kembali di layar. Ini sangat berguna jika area pemilihan awal Anda tidak aktif beberapa piksel; cukup tahan bilah spasi untuk memposisikannya sebelum melepaskan tombol mouse untuk mengambil tangkapan layar.

Tahan tombol Shift (setelah menyeret untuk menyorot suatu area tetapi sebelum melepaskan tombol mouse atau trackpad): Ini mengunci di setiap sisi area pemilihan yang dibuat dengan garis bidik menyimpan tepi bawah, memungkinkan Anda menggerakkan mouse ke atas atau ke bawah ke posisi tepi bawah.

Tanpa melepaskan tombol mouse, lepaskan tombol Shift dan tekan lagi untuk memposisikan ulang tepi kanan area pilihan Anda. Anda dapat beralih antara menggerakkan tepi bawah dan tepi kanan dengan tetap mengaktifkan tombol mouse atau touchpad dan menekan tombol Shift.

Metode 3: Cmd-Shift-5

Pintasan perintah diperkenalkan kembali di MacOS Mojave pada tahun 2018, Cmd-Shift-5 memanggil panel kecil di bagian bawah layar Anda dengan opsi tangkapan layar Anda. Ada tiga tombol tangkapan layar yang memungkinkan Anda menangkap seluruh layar, jendela, atau pilihan layar Anda.

Demikian juga, dua tombol perekaman video memungkinkan Anda merekam seluruh layar atau pilihannya. Di sebelah kiri adalah tombol X untuk menutup panel tangkapan layar, tetapi Anda juga dapat menekan tombol Escape untuk keluar.

Di sisi kanan adalah tombol Opsi. Ini memungkinkan Anda memilih tempat untuk menyimpan tangkapan layar — Desktop, Dokumen, Papan Klip, Mail, Pesan, Pratinjau, atau Lokasi Lain, dan menyetel penundaan 5 atau 10 detik sehingga Anda dapat menyusun item yang mungkin hilang saat Anda menggunakan alat tangkapan layar.

Secara default, opsi Show Floating Thumbnail diaktifkan, yang menempatkan thumbnail pratinjau kecil dari tangkapan layar yang baru saja Anda ambil di sudut kanan bawah layar Anda, mirip dengan prosedur tangkapan layar dengan iOS. Tidak seperti di iPhone, Anda dapat menonaktifkan gambar mini pratinjau ini di Mac. Terakhir, Anda dapat memilih untuk menampilkan penunjuk tetikus Anda di tangkapan layar atau video.

Jika panel tangkapan layar menghalangi Anda, Anda dapat mengambil tepi kirinya dan menyeretnya ke tempat baru di layar Anda.

Bonus untuk MacBook Touch Bar: Cmd-Shift-6

Jika Anda memiliki MacBook Pro 15 atau 16 inci yang lebih lama atau MacBook Pro 13 inci saat ini, yang merupakan model terakhir dengan Touch Bar, Anda juga dapat mengambil tangkapan layar dari apa yang saat ini ditampilkan di Touch Bar. Tekan saja Cmd-Shift-6 untuk mengambil tangkapan layar yang sangat lebar dan tipis dari Touch Bar Anda.

Anotasi mudah

Jika Anda menggunakan Thumbnail Mengambang, Anda akan mendapatkan akses cepat ke alat Markup untuk memberi anotasi pada tangkapan layar Anda. Anda dapat menggeser Thumbnail Mengambang atau membiarkannya terlepas dengan sendirinya dan akan disimpan ke tempat Anda terakhir menyimpan tangkapan layar. Klik Thumbnail Mengambang dan akan terbuka di jendela pratinjau Tampilan Markup (tetapi bukan Pratinjau) dengan semua alat markup yang Anda dapatkan di Pratinjau.

Anda dapat mengklik kanan Thumbnail Mengambang untuk:

Tangkapan layar Mac lama mungkin lambat untuk mengadopsi pintasan Cmd-Shift-5, tetapi saya menemukan diri saya menggunakannya lebih untuk kemampuan membuat anotasi tangkapan layar tanpa perlu membuka Pratinjau, dan dengan cepat menghapus tangkapan layar yang saya tahu segera saya kacaukan. Opsi penundaan 5 dan 10 detik juga merupakan tambahan yang berguna dan dihargai.

Leave a Reply

About Me

Media Apapun Selalu Terupdate