Microsoft meluncurkan Windows 11, sistem operasi terbarunya, Oktober lalu. OS mencapai penerapan luas awal tahun ini setelah peluncuran terhuyung-huyung selama setengah tahun, yang berarti sekarang sudah siap untuk semua komputer yang kompatibel . (Inilah cara mengunduhnya jika Anda sudah siap.) Namun, persyaratan sistem untuk Windows 11 berarti bahwa komputer lama mungkin perlu terus menjalankan Windows 10. Dan seperti sistem operasi apa pun, Windows 10 memiliki beberapa pengaturan default yang kurang ideal.

Beberapa hanya mengganggu (Anda tidak benar-benar membutuhkan Cortana “mengenal Anda”), sementara yang lain benar-benar akan memperlambat perangkat Anda, menunjukkan banyak pemberitahuan dan iklan kepada Anda dan mengumpulkan lebih banyak informasi daripada yang mungkin Anda rasa nyaman. Selama Windows 10 masih memberi daya pada komputer Anda, ada baiknya untuk mengoptimalkan pengaturan Anda untuk memastikan PC Anda berjalan sebaik mungkin.

Anda akan ingin menghabiskan hanya beberapa menit melihat ke pengaturan ini dan berpotensi mematikannya, demi privasi, kecepatan dan kenyamanan. Berikut adalah tujuh pengaturan default yang dapat Anda nonaktifkan di Windows 10. (Anda juga dapat melihat beberapa tips dan trik Windows 10 teratas dan cara memecahkan masalah umum Windows 10.)

Pembaruan berbagi file

Fitur yang ditambahkan Windows 10 adalah sistem pengiriman pembaruan yang dioptimalkan yang memungkinkan Anda mengunduh pembaruan dari komputer Windows 10 lainnya melalui Internet (bukan hanya dari server Microsoft). Tangkapannya adalah bahwa komputer Anda juga digunakan sebagai hub berbagi pembaruan untuk pengguna Windows 10 lainnya.

Fitur ini diaktifkan secara default, tetapi Anda dapat mematikannya dengan masuk ke Pengaturan > Perbarui & keamanan > Opsi lanjutan > Pengoptimalan pengiriman dan matikan Izinkan unduhan dari PC lain.

Notifikasi yang mengganggu

Windows 10 Action Center adalah hub pusat yang berguna untuk semua notifikasi Anda — aplikasi, pengingat, program yang baru saja diinstal. Tetapi pemberitahuan yang berlebihan jelas merupakan suatu hal, terutama ketika Anda menambahkan pemberitahuan yang tidak perlu (seperti tips Windows) ke dalam campuran.

To get your notifications under control, go toSettings > System > Notifications & actions.

Turn off things like “Get tips, tricks and suggestions when you use Windows” or “Show me the Windows welcome experience after updates and occasionally when I sign in to highlight what’s new and suggested” as well as any unwanted notifications from individual apps.

Start menu ads

Microsoft pushes its Windows Store apps — so much so that you may be seeing apps you never downloaded in your Start menu. These suggested apps are basically ads.

Turn off these pesky ads by going to Settings > Personalization > Start > Show suggestions occasionally in Start. For more information, check out ourWindows 10 Start menu guide .

Targeted ads from third-party apps

Microsoft pasti mengawasi preferensi dan kebiasaan menjelajah Anda di Windows 10. Anda bahkan memiliki ID iklan unik (terikat ke akun Microsoft Anda), yang digunakan perusahaan untuk menampilkan iklan bertarget kepada Anda. Oh, dan Microsoft juga membagikan profil ID iklan ini dengan aplikasi pihak ketiga dari Windows Store, kecuali Anda menonaktifkan berbagi informasi ini.

Anda dapat menonaktifkan berbagi jenis info ini dengan membuka Pengaturan > Privasi > Umum dan menonaktifkan Izinkan aplikasi menggunakan ID iklan untuk membuat iklan lebih menarik bagi Anda berdasarkan aktivitas aplikasi Anda (Menonaktifkan ini akan menyetel ulang ID Anda).

Cortana ‘mengenal Anda’

Cortana, asisten pribadi adaptif Anda di Windows 10, mendapatkan, yah, cukup pribadi dengan informasi yang dikumpulkannya tentang Anda, seperti pola ucapan dan tulisan tangan serta riwayat pengetikan, yang mungkin Anda anggap sedikit menyeramkan.

Anda dapat menghentikan Cortana dari “mengenal Anda,” dan menghapus informasi tersebut dari perangkat Anda, dengan membuka Pengaturan > Privasi > Meninta & mengetik dan menonaktifkan opsi.

Aplikasi berjalan di latar belakang

Di Windows 10, secara default, banyak aplikasi berjalan di latar belakang (meskipun Anda tidak membukanya). Aplikasi ini dapat menerima informasi, mengirim pemberitahuan, mengunduh dan menginstal pembaruan, dan sebaliknya menghabiskan bandwidth dan baterai Anda. Jika Anda menggunakan perangkat seluler dan/atau sambungan terukur , Anda mungkin ingin menonaktifkan fitur ini.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan> Privasi> Aplikasi latar belakang dan matikan Biarkan aplikasi berjalan di latar belakang atau matikan setiap aplikasi satu per satu.

Semua sinkronisasi

Windows 10 adalah tentang sinkronisasi. Semuanya (pengaturan sistem, tema, kata sandi, riwayat pencarian) disinkronkan di semua perangkat yang Anda gunakan untuk masuk secara default. Tetapi tidak semua dari kita ingin riwayat pencarian kita disinkronkan antara ponsel dan komputer kita, jadi inilah cara menonaktifkan sinkronisasi.

Untuk mematikan sinkronisasi pengaturan (termasuk tema dan kata sandi), buka Pengaturan > Akun > Sinkronkan pengaturan Anda. Anda dapat mematikan semua sinkronisasi pengaturan, atau Anda dapat secara selektif mematikan pengaturan tertentu.

Untuk lebih lanjut, lihat fitur Windows 11 terbaik dan cara menggunakannya dan semua yang perlu diketahui tentang peningkatan dari Windows 10 ke Windows 11 .

Leave a Reply

About Me

Media Apapun Selalu Terupdate